[Ulasan] My Annoying Brother (2016): Drama Komedi Penguras Air Mata

My Annoying Brother, atau Hyung, adalah film bergenre drama dan komedi yang diperankan oleh Jo Jung Seok sebagai si kakak (hyung) Doo Sik dan Do Kyung Soo sebagai Doo Young, sang adik.  Tak ketinggalan, aktris Park Shin Hye juga ikut ambil bagian dalam film ini dengan berperan sebagai Soo Hyun, seorang pelatih judo.

[Ulasan] My Annoying Brother (2016): Drama Komedi Penguras Air Mata
Poster film My Annoying Brother (2016). (CJ entertainment)
Doo Young merupakan seorang atlet judo potensial yang harus pensiun dini akibat kerusakan pada indera penglihatannya saat pertandingan. Mengetahui hal itu, Doo Sik yang dipenjara karena kasus penipuan, mengajukan surat permohonan banding dengan dalih merawat adiknya yang tunanetra. Tidak sia-sia, permohonannya berhasil dikabulkan.

Doo Sik diharuskan merawat adiknya, sebagai jaminan ketika bebas bersyarat dari penjara. Sebab kedua orangtua mereka telah meninggal sejak Doo Young remaja. Namun, hal ini tidak berjalan semulus yang dipikirkan Doo Sik. Doo Young, enggan menerima kedatangannya. Suasana dalam rumah menjadi kurang harmonis.

Doo Young sempat dilarikan ke rumah sakit karena kondisi tubuh yang menurun setelah hampir berhari-hari cuman memakan mi instan kering. Untungnya, Soo Hyun sebagai mantan pelatih judo Doo Young, masih terus memperhatikannya. Soo Hyun bahkan menegur Doo Sik agar lebih peduli dengan adiknya.

Tak sampai di situ, Soo Hyun gigih menyarankan Doo Young agar tetap berlatih sebagai atlet. Soo Hyun beralasan masih terdapat kejuaran tingkat dunia untuk atlet berkebutuhan khusus seperti Paralimpiade. Meski sering ditolak Doo Young  semata-mata karena rasa putus asanya sebagai seorang yang sudah tidak lagi bisa melihat.

Walau sering terlihat acuh pada adiknya begitupun sebaliknya bagi sang adik, Doo Young. Ternyata keduanya masih memiliki rasa saling menyayangi layaknya saudara. Doo Sik kemudian bertekad menumbuhkan kepercayaan diri adiknya dengan menerima kenyataan sebagai seorang tunanetra. Doo Sik juga ikut mendorong sang adik kembali berlatih untuk kejuaraan Paralimpiade.

Ada Tangisan dalam Kebahagian


Unsur komedi dalam film My Annoying Brother sukses memancing gelak tawa. Salah satunya ketika Doo Sik membawa Doo Young ke sebuah klub malam yang pada akhirnya akan disesali Doo Young. Tak berhenti sampai disitu, kerjasama mereka saat mengerjai seorang orang kaya di toko, juga patut diberi apresiasi.

[Ulasan] My Annoying Brother (2016): Drama Komedi Penguras Air Mata
Gaya Doo-sik dan Doo-young di klub malam. (CJ entertainment)
Seringkali mencuri atensi penonton, kehadiran Dae Chang (Kim Kang Hyun) sebagai karakter pendukung juga tidak boleh dikesampingkan. Dae Chang sukses menggiring canda tawa dengan beragam profesi yang dijalaninya.

Bukan semata-mata komedi, film ini tetap mengusung tema drama khas film korea. Penonton seakan dibuat menyatu dengan apa yang dirasakan oleh Doo Sik ataupun Doo Young. Begitu menguras air mata setelah dibuat tertawa sebelumnya.

Perjuangan Doo Sik untuk mendapatkan medali emas dalam ajang Paralimpiade nomor Judo. Seperti hangus dengan minimnya waktu yang ingin dihabiskan bersama sang kakak yang ternyata sangat dirindukannya setelah minggat dari rumah dan kembali di masa sulitnya.

No comments:

Post a Comment