Circle of Atonement (2015): Sinopsis dan Ulasan

Melupakan seseorang setelah 10 tahun berlalu bukanlah perkara muda bagi Nam Chul Woong (Son Ho Jun) saat Yo Shin (diperankan Seo Yeji) harus merenggang nyawa karena kenaifan yang dilakukannya waktu itu. Memang, yang dialami Yo Shin sungguh tak pernah diduga sebelumnya oleh tunanganya tersebut. Hingga kini, Chul Woon masih hidup dengan penyesalannya.

Poster film Circle of Atonement (2015). (asianwiki)
10 tahun yang lalu, tepatnya hari ulang tahun Ki Jung (Choi Yoo Ri). Ayah Ki Jung, Ji Chul (Lim Hyung Joon), datang memberi kado namun sang ibu yang sudah trauma dengan rekam jejak ayahnya sebagai seorang residivis sama sekali tidak memberi izin masuk bahkan sekedar mengucapkan selamat ulang tahun buat anaknya.

Ji Chul marah, emosinya ikut terbawa pas bekerja. Ugal-ugalan mengemudi taksi, ditambah curhatan tidak jelas, tentunya membuat para penumpangnya kesal. Salah satunya bahkan melempar beberapa lembar uang ke wajahnya. Bukannya mereda, Ji Chul makin naik pitam.

Yo Shin yang pada saat bersamaan sengaja ditinggalkan Chul Woong di pinggir jalan, masih belum mendapatkan taksi ketika bertemu dengan Ji Chul. Digiring ke rumah kosong tapi sempat melarikan diri dengan luka tusukan di perut, perjuangan Yo Shin tak berbayar. Ji Chul nekat membunuhnya meskipun tanpa alasan yang jelas.

Detektif Lee Sang Won (Sung Dong Il) yang mengusut kasus pembunuhan tersebut, mencurigai Ji Chul akan datang ke rumah mantan istrinya. Benar saja, di malam harinya ibu Ki Jung terbunuh. Detektif Sang Won yang terlibat dalam kejadian merasa bersalah, dia kemudian merawat Ki Jung sebagai anaknya dan mengganti Ki Jung menjadi Jung Hyun.

10 tahun kemudian, takdir seakan mengikat jalan hidup orang-orang ini. Chul Woong, seorang guru sastra korea sekaligus menjadi wali kelas bagi Jung Hyun. Tiap kali melihat Jung Hyun, Chul Woong seakan melihat wajah pembunuh Yo Shin, Ki Jung, ayah kandung Jung Hyun. Benar saja, naluri Chul Woong memang terbukti. Dari sinilah kisah dalam film ini difokuskan.

Ulasan


Circle of Atonement menjadi pilihan judul yang lebih tepat menggambarkan maksud dari seluruh isi cerita tentang penyesalan dan tragedi dalam satu bingkai yang sama dibandingkan judul sebelumnya, Joy. Satu alasan yang cukup masuk akal, karena karakter Chul Woong seakan merupakan fokus dalam film ini.

Aspek menyimpan dendam kepada seseorang untuk waktu yang lama disampaikan sangat baik dalam film ini. Para pemeran yang terlibat tampak alami, dan membuat jalannya cerita menjadi seperti nyata. Chul Woong yang sama sekali tidak pernah terbersit niat untuk melupakan tunangannya, terus mencari cara membalaskan dendamnya. Jung Hyun yang harus menerima detektif sebagai ayahnya, pada saat yang bersamaan menyimpan benci. Begitupula bagi Detektif Lee.

Sebenarnya, tidak sulit untuk menerka jalan cerita dalam film ini, jika saja beberapa adegan penting tidak sengaja disimpan untuk menjaga alur film. Sebab film ini cukup mudah dimengerti. Sayangnya, ada banyak potongan adegan yang tak seharusnya dihilangkan. Hal ini malah menambah kabur jalan ceritanya. Ide cerita yang dibangun sedari awal jadi sia-sia karena penyelesaian akhir yang kurang mulus.

Berikut trailer film Circle of Atonement (2015).

1 comment:

  1. Terima kasih min, sangat bermanfaat sekali.. dengan adanya artikel ini saya jadi terbantu dalam mencari sinopsis film yang saya inginkan sekarang ini... terima kasih banyak.. Semoga blognya sukses selalu...

    ==============================================

    Pecinta film ? Sebelum nonton, lihat dulu yuk ! sinopsis, detail dan nonton trailernya dari film2 terbaru... terima kasih

    Sinopsis film church 2017
    Sinopsis film juarez 2045 2017
    Sinopsis film death house 2017
    Sinopsis film blood money 2017
    Sinopsis film bond of justice kizuna 2018
    Sinopsis film disturbed 2017
    Sinopsis film stuck 2017
    Sinopsis film last scout 2017

    ReplyDelete