Missing (2016): Sinopsis dan Ulasan

Sebagai orangtua tunggal, bekerja sambil mengurus anak bukanlah perkara mudah. Itulah yang harus dihadapi Ji Sun (Uhm Ji Won)  setelah menceraikan suaminya. Ji Sun kemudian mempercayakan anaknya, Da Eun kepada seorang pengasuh bayi keturunan Korea Tiongkok bernama Han Mae (Gong Hyo Jin).

Poster film Missing (2016). (AsianWiki)
Suatu hari setelah pulang bekerja, Ji Sun tak lagi melihat pengasuh serta putrinya. Mulanya dia sama sekali tak menaruh rasa curiga sedikitpun. Namun, sering waktu, si pengasuh dan putrinya belum kembali juga.

Ji Sun bahkan sempat datang ke kantor polisi untuk melaporkan perihal kehilangan anaknya. Akan tetapi dia kemudian sadar bahwa apa yang dia lakukan ini kemungkinan akan berakibat buruk untuknya. Sebab, hak asuh Da Eun sedang diperebutkan dengan mantan suaminya.

Ji Sun kemudian memutuskan untuk mencari sendiri keberadaan putrinya. Dari situlah satu persatu tirai kehidupan Han Mae, pengasuh anaknya mulai terungkap.

Ulasan Singkat


Missing atau dalam judul korea "Missing: Sarajin Yoeja" merupakan film yang menyoroti kehidupan urban masyarakat korea. Salah satu pesan yang coba disajikan dalam film bergenre misteri ini adalah kehidupan wanita karir yang terus sibuk pekerjaannya lalu meninggalkan sang anak bersama pengasuh.

Tak terbatas sampai disitu, film ini juga menyoroti seputar kebijakan rumah sakit yang lebih mementingkan kepentingan orang berduit daripada masyarakat  dari kalanganan menengah kebawah. Hal inilah yang selanjutnya menjadi pemicu konflik dalam setiap kejadian di film.

Rumitnya akses atas berbagai fasilitas kesehatan juga tidak lepas menjadi sorotan. Sebagian masyarakat selain warga negara harus memiliki jaminan terlebih dahulu. Pesan-pesan moral dalam film yang cukup kental mengkrikit rumitnya sistem  yang ada.

Satu kekurangan minor dalam film ini adalah labilnya penulis skenario membangun profil Han Mae. Serta, tidak jelasnya peran Hyun Ik (Park Hae Jun) selain sebagai whistleblower diakhir film. Selain itu, alasan polisi mengindahkan pelaku pemerasan Ji Sun juga tidak terlalu kuat dan tak jelas nasibnya sampai film berakhir.

Berikut trailer film Korea Missing (2016).

No comments:

Post a Comment